Sunday, March 31, 2013

[Review] Harry Potter and the Prisoner of Azkaban


Title: Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
Author: JK Rowling
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Published: Desember 2012 (cetakan ke-23)
Pages: 534p
ISBN: 979-655-854-8

Banyak hal baru yang saya temukan dalam buku ini. Sejujurnya *malu* saya belum pernah baca buku Harry Potter yang ketiga ini dan karena itu banyak sekali konfirmasi atas kebingungan saya terhadap film yang saya tonton.



Apa yang baru saya sadari? 

Ron, Hermione dan Hagrid tetap berusaha mengirimkan hadiah dihari ulang tahun Harry. They are trully friend...so sweet :)

Hedwig sangat cerdas terbang ke tempat Hermione saat Hermione tidak punya cara mengirimkan hadiah ulang tahun untuk Harry. Hedwid ingin memastikan Harry mendapat hadiah di hari ulang tahunnya. I love Hedwig :)


Cedric Diggory sudah muncul di buku ketiga ini.

Mengapa Dementor datang ke lapangan Quidditch disaat pertandingan sedang berlangsung dan membuat Harry pingsan? Awalnya saya tidak paham hal ini, mengapa Dementor berani-beraninya datang disaat Dumbledore ada disana. Ternyata mereka lapar dan haus emosi yang biasa mereka sedot dari tahanan di Azkaban dan begitu banyak orang di lapangan Quidditch menarik perhatian mereka.

Cho Chang ternyata seeorang seeker dan pertemuan pertamanya dengan Harry terjadi saat pertandingan Quidditch, Gryffindor melawan Revenclaw.

Kagum pada usaha Ron membaca buku-buku berat urusan hukum untuk membantu Hagrid menangani urusan Buckbeak. Semua orang tahu Ron bukan tipe yang suka belajar bukan... I love Ron more :)

Alasan mengapa Shrieking Shack dianggap sebagai tempat paling berhantu di seluruh Inggris. Remus Lupin menjadi penyebab hal ini.

Peristiwa yang membuat seluruh masyarakat penyihir menganggap Sirius Black sebagai pengikut Voldemort yang menyebabkan kematian James dan Lili Potter.

********** 
“I solemnly swear that I am up to no good”

Peta perampok adalah salah satu barang yang paling saya inginkan dalam buku ini. Buku ketiga ini menjadi perantara perkenalan saya dengan gang James Potter, Sirius Black, Remus Lupin, dan Petter Pettigrew. Seandainya saja, JK Rowling menceritakan keempat bersahabat ini dalam buku yang berbeda, petualangan mereka pasti sangat menarik. Saya jadi bertanya-tanya bagaimana cara James, Sirius dan Petter belajar menjadi Animagus. Itu salah satu rasa ingin tahu yang tidak terjawab *salah fokus*. Ada lagi seorang Snape dan hubungannya dengan keempat sahabat itu mulai menjelaskan mengapa ia sangat membenci Harry. Lihat ini keusilan keempat sahabat pada Snape. 

“Mr Moony menyampaikan salam kepada professor Snape dan memohon agar hidung besarnya tidak dipakai mengendus urusan orang lain dan mencampurinya”
“Mr Prongs sepakat dengan Mr Moony, dan ingin menambahkan bahwa Profesor Snape adalah orang sinting jelek”
“Mr Padfoot ingin menyampaikan keheranannya bahwa idiot seperti itu bisa jadi profesor”
“Mr Wormtail mengucapkan selamat siang kepada Profesor Snape dan menasihatinya untuk mencuci rambutnya yang bau”

“Honestly, am i the only person who’s ever bothered to read Hogwarts, A History?”
Don’t you love Hermione more? Namun buku ini membuat saya melihat sisi Hermione yang kurang saya sukai, bagaimana dia melaporkan Harry yang memiliki firebolt, membuat saya agak “grrrrr...” tapi tidak bisa disalahkan karena dibalik kesan suka mencampuri urusan orang lain ini, Hermione juga menunjukkan rasa peduli dan sayang pada Harry, pada dasarnya niatnya adalah membuat Harry tetap aman. Hal lain yang membuat buku ini menarik adalah kehadiran Remus Lupin sebagai guru pertahanan ilmu hitam. Rasanya Profesor Lupin adalah satu-satunya guru yang benar-benar mengajarkan sesuatu yang bermanfaat pada mata pelajaran itu. Namun sayangnya ia pun hanya bisa tinggal selama 1 tahun.

JK Rowling selalu memberikan penjelasan pada setiap hal seakan buku ini bukan bagian dalam sebuah seri, sepertinya ia ingin memastikan siapa saja yang ingin membaca buku ini tidak perlu membacanya secara berurutan, namun saya menyarankan anda membacanya berurutan, paling tidak pertumbuhan karakter setiap tokoh bisa anda ikuti dengan cermat. 

Review ini dibuat dalam rangka event HotterPotter, re-reading Harry Potter yang diadakan oleh blog Surgabuku, yang telah dimulai bulan Januari dan akan berakhir bulan Juli.

2 comments:

  1. Haloo Althesia, salam kenal :)
    Dalam rangka ikutan CUI ultah BBI aku kebagian ienterview Althesia (panggilannya apa nih)
    Ternyata kita belum saling berteman baik Di GRI maupun di BBI ya :D.
    jadi enaknya lewat apa ya interviewnya( aku akan add di GRI atau FB ya, biar bisa kirim message - atau ada saran lain)
    Ditunggu masukannya
    Thanks

    ReplyDelete
  2. Hai mba nannia..wah aku panggilnya mba ya? boleh..boleh..silahkan add di FB or twitter @althesia..barusan GR-nya udah ku-approve..sorry ya agak lama :)

    ReplyDelete