Thursday, July 9, 2015

[Review] Because of Winn-Dixie by Kate DiCamillo

Title: Because of Winn-Dixie
Author: Kate DiCamillo
Publisher: Candlewick Presss
Published: August 6th, 2011
Page: 182p
ISBN: 9780763644321

India Opal adalah karakter utama dalam kisah ini, ia baru saja pindah ke Naomi, Florida bersama ayahnya yang berprofesi sebagai seorang pendeta. Buat opal, ayahnya punya kebiasaan seperti seekor kura-kura, yang dalam keadaan tidak menyenangkan akan memasukkan kepalanya kedalam cangkang untuk membentengi diri. Ibunya meninggalkannya diusia saat Opal belum mengingat apa-apa, sehingga Opal tidak punya kenangan apapun, ayahnya pun tidak pernah bercerita apa-apa tentang istrinya, meskipun Opal tahu setiap hari ayahnya merindukan ibunya. Di tempat yang baru Opal tidak punya teman yang membuat ia sering merasa kesepian, sampai suatu saat Winn-Dixie datang dan mengubah segalanya, bahkan si kura-kura tidak lagi memasukkan kepalanya kedalam cangkang.

Winn-Dixie adalah nama sebuah Grocery Store di Naomi dan opal sedang ada disana atas perintah ayahnya ketika ia mendengar keributan di dalam toko akibat seekor anjing lusuh yang berkeliaran membuat pemilik toko sangat marah. Tampaknya anjing itu tidak dimiliki oleh siapapun disekitar situ, sehingga pemilik toko yang mulai kewalahan itu mulai berniat memanggil petugas penangkap binatang tersesat untuk memasukannya ke dalam kurungan. Tepat saat itu, Opal bereaksi seakan-akan anjing itu miliknya. Ia tidak tega membiarkan anjing lusuh itu masuk kurungan sehingga ia mulai memanggil anjing itu dengan nama Winn-Dixie, satu-satunya nama yang terlintas dipikirannya saat itu. Tak disangka, Winn-Dixie bereaksi sesuai yang diharapkan Opal, ia menghampiri Opal seakan-akan mereka telah kenal bertahun-tahun lamanya. Opal pun pulang bersama Winn-Dixie dan perlahan-lahan hidupnya mulai berubah. Naomi tidak lagi terasa asing, ia tidak lagi kesepian, teman-teman mulai berdatangan, pekerjaan menyenangkan ditemukannya secara tidak sengaja, Opal mendapat undangan pesta untuk pertama kali, ia bahkan bisa mengadakan pesta untuk teman-teman tersayangnya. Dan yang paling penting, ruang dihatinya yang biasanya hampa ketika berpikir tentang ibunya, pelan-pelan mulai pulih.

Kate DiCamillo mengembangkan cerita secara perlahan-lahan, sehingga pembaca mudah memahami perubahan dalam diri karakter utamanya. Plot cerita tidak rumit, hanya seputar kehidupan sehari-hari Opal bersama Winn-Dixie dan ayahnya, sang pendeta. Tetapi juga ada karakter-karakter lain dengan latar belakang masing-masing hadir membumbui kisah Opal. Tetapi setiap karakter yang muncul memiliki kesamaan, dimana mereka punya sisi gelap di hati masing-masing akibat kehilangan orang-orang yang disayangi atau karena kesepian. Benang merah dari semuanya adalah Winn-Dixie, anjing lusuh yang disayangi semua orang.  

Memorable quotes dari Because of Winn-Dixie,

There ain’t no way you can hold onto something that wants to go, you understand? You can only love what you got while you got it.

You can’t always judge people by the things they done. You got to judge them by what they are doing now. 

No comments:

Post a Comment